Selasa, 20 November 2012

Artikel Komputer Anak Usia Dini



"Apakah pembelajaran komputer di usia dini sudah diperlukan saat sekarang"?


Pengenalan komputer sejak dini

            Yuupzz... !! menurut saya sangat  penting!! Pada suatu saat saya bingung, ketika adik sepupu saya yang berusia sekitar 5 tahunan ingin memainkan laptop saya, jadi saya klik salah satu program aplikasi untuk dimainkan oleh adik saya itu, kemudian saya berfikir "apakah program cocok ya?", dari pada ada efek sampingnya, langsung aja deh tanya si mbah google. Setelah saya baca, kemudian saya simpulkan program ini bagus.  kemudian saya tulis disini..hehe. !!!
          Tak ada batasan usia tertentu untuk memperkenalkan komputer pada anak, namun orang tua disarankan untuk mengenal betul kebutuhan anak-anak mereka. Di era teknologi seperti sekarang, orang tua tidak hanya harus menyiapkan anak-anak mereka untuk kompetisi yang sangat ketat, tetapi mereka juga dituntut untuk menyiapkan anak-anak mengikuti perkembangan. 

          Berbagai informasi terbaru dan terpenting wajib diberikan kepada mereka. Tentu, dengan batasan-batasan yang disesuaikan dengan usia anak. Komputer, salah satu bentuk inovasi teknologi, merupakan kebutuhan anak yang harus diperkenalkan. Melalui benda ini, kreativitas anak sangat mungkin untuk dikembangkan, dan berbagai informasi dari berbagai belahan bumi lainnya dapat diketahui. Namun ingat, selain manfaatnya yang sangat banyak, komputer bisa menjadi bumerang. Bila pengawasan orang tua lemah, anak-anak bisa kecanduan komputer dan mengakibatkan berbagai dampak yang tidak diharapkan. Apalagi jika dilengkapi dengan Internet yang mampu membuat siapa pun lupa waktu. 
          Pakar pendidikan sekaligus guru besar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Arief Rahman, menyatakan saat ini komputer merupakan sarana pelengkap pendidikan anak-anak. Tak ada salahnya untuk memperkenalkannya secara dini. “Tidak ada batasan umur untuk mempelajari komputer karena yang menjadi patokan adalah keterampilan dan kematangan berpikir si anak. Jadi sangat mungkin jika anak berusia tiga tahun sudah bisa menguasai computer. Semakin cepat seorang anak mengenal komputer, kemampuan anak untuk berinteraksi dengan benda ini akan lebih baik.


Program Khusus
          Metode pengajaran yang diberikan pengajar berbeda-beda. Memulai  memperkenalkan bagian-bagian komputer. ”Ini namanya komputer, kepalanya disebut monitor dan badannya PC (personal computer),” katanya mencontohkan. Tahapan selanjutnya adalah melakukan praktik keterampilan langsung di depan komputer. Dengan cara ini, anak-anak diharapkan bisa terampil untuk menggunakannya dan akhirnya mampu mengajaknya “berpartner” untuk mengasah kreativitas. Anak  usia dini sebaiknya tidak diajarkan untuk mengetik. Pada level ini mereka belum lancar mengeja dan masih harus banyak berlatih. Program terbaik yang bisa diajarkan pada anak-anak usia 4 – 5  tahun adalah menggambar. “Makanya perangkat lunak yang digunakan juga harus sepadan dan cocok dengan anak, misalnya Microsoft Paint dan Tuxpaint, sebuah free ware yang digunakan untuk mengajarkan anak program gambar.
          Namun, dengan pendekatan khusus, dia memberi pengertian bahwa program yang bisa mereka dapatkan harus sesuai dengan usia.. Pada usia ini, anak dinilai telah mampu mengembangkan pemikirannya secara logis dan sudah berada pada tingkat kecerdasan tertentu. Pada usia ini pula, dengan panduan orang tua, mereka disarankan untuk diperkenalkan pada program-program yang memang disediakan bagi anak-anak sesuai umurnya. Dengan pendampingan orang tua, mereka juga sekaligus diajarkan untuk mengenali bagian-bagian komputer. Kedekatan ini akan mampu menghasilkan keuntungan lainnya, yaitu keakraban orang tua dan anak. Selain itu, dengan mengenal kemampuan anak, orang tua akan berusaha untuk mencari informasi tentang program-program lanjutan yang tepat bagi anak mereka. 

Cuma segini yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat dan terimakasih ^_^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar