Jumat, 09 November 2012

Pentingnya Pendidikan Komputer Sejak Dini

          
Pedidikan komputer sejak dini
          Pada mulanya para ahli membuat komputer hanya untuk mengolah data dan mempermudahkan pekerjaan para ilmuan. Kemudian setelah lama-kelamaan merambah ke dunia perkantoran dan pendidikan.

           Kini, hampir semua bidang kehidupan saat ini sangat memerlukan komputer, maka dari itu keterampilan menggunakan komputer menjadi sangat penting sekali diperlukan dalam proses belajar mengajar di TK hingga Universitas bahkan dalam kehidupan sehari-hari.



Keunggulan Komputer di Dunia Pendidikan


            Komputer sangat membantu sebagai alat bantu (media), alat uji, alat peraga yang mampu berinteraksi dengan siswa/ anak. Namun interaksi komputer dengan anak tetap memerlukan peran manusia (Pengajar/ guru yang berpengalaman).



            Keunggulan dari interaksi komputer dengan anak yaitu lebih cepat, lebih objektif, dan sebagai alat peraga (simulasi) dengan resiko mendekati nol.


            Dalam simulasi atau software yang baik untuk pendidikan anak ialah disesuaikan dengan usia. Para guru /orang tua harus memahami perkembangan pemahaman anak.Untuk anak usia 0-2 tahun, anak mendapatkan pemahaman dari panca indera dan bahasa isyarat, dan usia 3 tahun anak mulai menggunakan bahasa, lambang/ simbol tertentu bahkan sudah bisa menggunakan logika.


            Keunggulan komputer pada anak-anak ialah pada program/ software "edutainment" gabungan EDUcation (pendidikan) dan enterTAIMENT (hiburan). Karena masa anak-anak ialah masa penuh keceriaan/ hibran dan program "edugame" gabungan dari education (pendidikan) dan game (permainan).


            Software tersebut dapat meningkatkan kreativitas anak, melatih syaraf motorik, contoh : permainan kombinasi benda, berhitung, tebak angka, tebak gambar dan menyusun gambar, dan juga didukung dengan pragkat media gambar, suara, bahkan gerak. Sehingga dengan itu pembelajaran jadi menarik dan menyenagkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar