Sabtu, 17 November 2012

Pentingnya Filsafat Pendidikan bagi Pendidik


KATA PENGANTAR

                    Puji  syukur  kehadirat  Allah  swt   yang  telah  melimpahkan  rahmat  dan  nikmat –Nya  sehingga makalah  ini  dapat  terselesaikan .Meskipun  makalah  ini  tidak  begitu  sempurana  namun  dapat  digunakan  sebagaimana  mestinya. Tak ada  gading  yang  tak  retak  , stiap  manusia  pasti  mempunyai  kesalahan. Hanya  Allah  lah  yang  maha  sempurna .Untuk  penulis  mohon  maaf apabila  ada  kesalahan  dalam  penulisan  makalah  ini.
                    Sebagai  usaha  usaha  untuk  peningakatan  mutu  serta  kemampuan  professional  tenaga  kependidikan ,makalah  ini  disesuaikan  sebagai pegangan  dan  pedoman  dalam  pentinganya filsafat  pendidikan  bagi  peserta  didik .Karna  sangat  membantu  memahami  hal-hal  pokok  kependidikan .Filsafat  pendidikan  sangat  mendorong  pesesrta  didik  membentuk  keyakinan  bahwa  tindakan  pendidik  harus  penuh  dengan  kesadaran  ,berencana ,dan  teratur.Yang  mana  dapat  dipertanggung  jawabkan  secara  rasional ,moral  dan  legal.
                    Makalah  “ Pentingya  Filsafat Pendidikan  Bagi  Pendidik “ ini  sangat  memudahkan  pendidik  dalam  memahami  dan  menanamkan  pendidikan  secara  filsafat  kepada  peserta  didiknya .Makalah  ini  disusun  secara  sistematis  dengan  harapan  mampu  memotivasi  peserta  didik  untuk  mampu  berfikir  secara  filsafat  dan  membantu  memberikan  problem  mendsar  dalam  alam  pikiran  dan  alam  kehidupan  manusia .Serta  dapat  menanamkan  kepada  pendidik  bahwa  berfikir  filsafat   itu  perlu  ditanamkan .
                     Akhir  kata  ,sungguh  merupakan  tindakan  tepat  jika  peserta  didik  dan  pendidik  menjadikan  buku  ini  sebagai  panduan dalam  pendidikan  khususnya .Karna  pendiidkan  merupakan  tujuan  yang  utama  dalam  berfilsafat pendidikan . Apabila  ada  kesalahan  dan  kejanggalan  dalam  penulisan makalah  ini , penulis  mohon  maaf  yang   sebesar-besarnya .Mudah – mudahan  makalah  ini  memberikan manfaat bagi  yang  menggunakannya. Amin!!!!!!!

Pariaman , 01  November  2010


                                                                                                                        Penulis 


DAFTAR  ISI

KATA  PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   1
DAFTAR  ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    2
BAB  I  PENDAHULUAN
         A . Latar  Belakang  . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     3
         B .Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   3
         C .Tujuan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   3
         D .Manfaat . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   4
BAB  II  PEMBAHASAN  MASALAH
         A .Permasalahan  Pendidikan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  5
         B .Peran  dan  Fungsi  Filsafat  Pendidikan . . . . . . . . . . . . .   6
BAB  III  PENUTUP
         A .Kesimpulan  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  7
         B .Saran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  7
DAFTAR  PUSTAKA . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

BAB I
PENDAHULUAN

A . Latar  Belakang
                      Indonesia  sangat  yang  sangat  jauh  tertinggal  dari  Negara  lain  yang maju  yang  membuat  bangsa  Indonesia terpuruk  dari  ketertinggalanya .Selain  di dunia  perekonomian   ,pendidikan  pun  juga   sangat  jauh  tertinggal  dari  Negara  lain .Untuk  itu  ,pendidikan  lebih  dioptimalkan  agar  dapat  memacu  Negara lain .Oleh  karena itu  “ Pentingnya  Filsafat  Pendidikan  Bagi  Pendidik “ sangat  membantu  sekali  pendidik  menanamkan  Filsafat  pendidikan  bagi  pesrta  didik nyal  lebih  memahami  isi  yang  di ajarkan  dalam  pendidikan  itu  sendiri .

B . Masalah 
                       “Pentinganya  Filsafat  Pendidkan  Bagi  peserta  Didik” menjadi topic  yang  paling  utama  yang  di  bahas  dalam  ilmu  kependidikan .Terutama  peserta  didik  yang  akan  meneruskan  tanggung  jawabnya  sebagai  pendidik  nanti nya .Karna  permasalahan  nya  kebanyakan  si  pendidik  tidak  berfikir  secara  optimal  atau  lebih  jelas  nya  secara  filsafat .Sehingga  peserta  didik  juga  mengikuti  jejak  pendidik  tersebut yang  telah  paham  dengan  apa  makna  dari  berfilsafat  itu  sendiri .

C . Tujuan
                       Tujuan  dari  “ Pentingnya  Filsafat  Pendidikan  Bagi  Pendidik “ yang  memberikan  arti  nyata  yang  komlit ,Misalnya  yaitu  ;
1 . Menunaikan  nilai  yang  baik  bagi  peserta  didik 
2 . Menghayati  nilai – nilai  agar  mampu  menata  prilaku  pribadi  sesuai   dengan  harkat                 dan  nilai – nilai .
3 . Memusatkan  untuk  membina  kepribadian  manusia  guna  membina  masyarakat  tercantum  dalam  UUD (PP) No.29  tahun  1990 .
4 . Menghasilkan  manusia  yang  berkualitas  yang  di deskripsikan  dengan  jelas  dalam  UU No.2  tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional  (Sisdiknas)  dan  Garis – Garis  Besar  Haluan  Negara  (GBHN)  1993 , yaitu  manusia  yang  bertaqwa  ,bertanggung jawab  ,cerdas  ,kreatif  dan  tangguh .
5 .Dengan  berfilsafat  manusia  kita  lebih  menjadi  manusia ,lebih  mendidik  dan  membangun  diri  sendiri.
6 .Berusaha  mempertahankan  sikap  yang  objektif  mengenai  intisari  dan  sifat –sifat  barang  itu  sendiri .
7 .Mengajar  dan  melatih  kita  memandang  dengan  luas  dan  menyembuhkan  kita  dari  kepicikan.
8 .Menjadi orang  yang  dapat  berfikir  sendiri
9 .bagi  seorang  pendidik ,filsafat  mempunyai  kepentingan  istimewa , kerena  dapat  memberikan  dasar –dasar  dan  ilmu  pengetahuan  lain nya  mengenai  manusia . 

D . Manfaat
                        Disamping  adanya  tujuan  pasti  ada  manfaatnya .kegunaanya  banyak  sekali  misalnya  dapat  dilihat  dalam  kehidupan  masyarakat .,Misalnya  antara  lain :
1 .menciptakan  manusia  yang  berfikir  secara  filsafat
2 .Mengetahui  berbagai  pengetahuan  dalam  keterampilan  yang  berkualitas .
3 .Memberikan  kemampuan  untuk  belajar  dan  membentuk  kepribadian  yang  mantap  dan  mandiri
4 .Menambah  rasa  tanggung  jawab  dalam  lingkunga  hidup
5 .Pada  Negara  memberikan  pengetahuan  dan  keterampilan  untuk  berperan  aktif  dalam  kehidupan  bermasyarakat  atau  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara.
6 .Digunakan  untuk  memadu  semacam  nilai  dan asas  normative  dalam  ilmu  pendidikan.
7 .Sebagai  teori  praktek  ,semua  ide  ,konsepsi  ,kesimpulan – kesimpulan .
8 .Mengerti  hakikat  suatu  mengenai  persoalan – persoalan  pendidik  secara  komprehensif

BAB  II
PEMBAHASAN  MASALAH

A . Permasalahan  Pendidikan
                    Pendidikan  dalam  arti  umum  mencangkup  segala  usaha  dan  perbuatan  dari  generasi  tua  untuk  mengalihkan  pengalamanya ,pengetahuannya ,  kecakapanya  . serta  pengetahuannya  kepada  generasi  muda  untuk memungkinkanya  melakukan  fungsi  hidupnya dalam  pergaulan  bersama  dengan  sebaik-baiknya .Pengertian  pendidikan  itu  sendiri adalah  proses  penyesuaian  diri  secara  timbal  balik antara  manusia  dengan  alam  , dengan  sesama  manusia   atau  juga  pengembangan  dan  penyempurnaan  secara  teratur  dari  semua  potensi  moral ,intelektual ,dan  jasmaniah  manusia  .
                      Saat  ini  kebanyakan manusia  tidak  berfikir  secara  filsafat .Untuk  itu  perlu  digaris  bawahi  “ Pentingya  Filsafat  Bagi  Pendidik “ karena  hanya  dengan  itulah  manusia  biasa  berfikir  sacara  filsafat .Berfikir  secara  filsafat  memberikan  dampak  baik  kepada  manusia, karna  orang  yang  berfikir  filsafat  itu  akan  sangat  mudah  memahami  suatu  pembahasan atau  permasalahan  . Filsafat  dijadikan  suatu  solusi  dalam  menyelesaikan  sesuatu  permsalahan . Jadi  untuk  berfikir  filsafat  itu , akan  mendatangkan  kebenaran – kebenaran  dalam  berfikir .
                      Filsafat  dapat  dijadikan  dasar  yang  terbaik  untuk  penilaian  pendidikan  dalam  yang  menyeluruh . Penilaian  pendidikan  meliputi  segala  usaha  dan  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  sekolah – sekolah ,institute  pendidikan  secara  umum .

B .Peranan  dan  Fungsi  Filsafat  Pendidikan
                       Sejak  awal  perkembangan , filsafat  berperan  memberikan  pengertian  dan  menjadi  pedoman  bagi  manusia  dalam  usaha  memahami 
hakikat  sesuatu . Ajaran  filsafat  telah  membantu  dalam  memberikan  jawaban – jawaban  atas  problema – problema  mendasar  dalam  alam  pikiran  dan  alam  kehidupan  manuisa . Ada  beberapa  fungsi  filsafat  pendidikan  antara  lain  sebagai  berikut :
       1 .Fungsi  spekulatif
   Yang  ditujukan  untuk  lebih  memahami  hakikat  sesuatu .Misalnya                                             mengenai  persolan – persoalan  pendidikan  secara komprehensif
      2 .Fungsi Normatif
    Yaitu  proses  temuan  norma – norma  kehidupan  yang  bersumber  pada   dasar – dasar  filsafat  hidup  yang  dimilikinya.
      3 .Fungsi  Kritik
    Yaitu  memberikan  dasar  pertimbangan  dan  menafsirakan  data  yang  bersifat  ilmiah .
      4 .Fungsi  Toeri  bagi  praktek, semua  ide,konsepsi ,kesimpulan – kesimpulan
5.Fungsi  Integratif
    Sering  digunakan  untuk  memadu  semacam  nilai  dan  azas – azas  normatife  dalam  ilmu  pendidikan .   

BAB  III
PENUTUP

A . Kesimpulan
                       “ Pentingnya  Filsafat  Pendidikan  Bagi  Pendidik “ merupakan  penyesuaian  diri  secara  timbale  balik  antara  pendidik  dengan  peserta  didik .Pada  hakikatnya  filsafat  menjadi  lembaga  utama   dalam  kependidikan . Dengan  menanamkan  Filsafat  , manusia  akan  lebih  memikirka  sesuatu  secara  mendalan  sampai  menemukan  titik  terang  dari  yang  di pikiran  tersebut .Selain  itu  dengan  berfilsafat  kita  mempu  mengeluarkan  berbagai  asumsi – asumsi  psitif  yang  dapat  membawa  ke  arah  yang  lebih  baik . Yang  mana  dapat  mejadikan  pedoman – pedoman  bagi  bagi  khalayak  ramai . Sehingga  pedoman  itu  menjadi  tumpuan  dalam  hidup  bersama  dalam  masyarakat .Untuk  itu  sangat  diperlukan filsafat  pendidikan  bagi  pendidik , agar  pendidik  mapu  menanamkan  cara  berfikir  yang  baik .

B . Saran 
                              Filsafat  pendidkan memberi  spekulatif  filosofis  yang  merupakan  kacamata  yang  dikenakan  dalam  memandang  menyikapi  serta  melaksanakan  tugas nya. Oleh  karena  itu  maka  ia  haurus  dijadikan  sebagai tantanan  dalam  pendidikan . Terutama  terutama  terhdap  pentingya  filsafat  suatu  peran  penting  yang  tak bias  lepas  dari  pendidikan .Kerena   dengan  berfilsafat  kita  mampu  mengerti  dari  isi  suatu  pendidikan  yang  kieta  kaji  tersebut.

DAFTAR  PUSTAKA

Marimba,  Ahmad  D., Pengantar Filsafat  Pendidikan. Cet .IV . Bandung, Al-Maarif, 1980
http : // saungwali . wordpress . com / 2007 /06 /06 / pentingnya – landasan  - filsafat – ilmu –pendidikan /
http : // meetabied . wordpress . com / 2009 / 11 /01 / pentingnya – landasan  - filsafat – ilmu  - bagi – pendidikan – suatu – tinjauan – filsafat sain /
http : // www . docctoc . com / docs / 85 //480 / landasan – filsafat – pendidikan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar