KATA
PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah swt
yang telah melimpahkan
rahmat dan nikmat –Nya
sehingga makalah ini dapat
terselesaikan .Meskipun
makalah ini tidak
begitu sempurana namun
dapat digunakan sebagaimana
mestinya. Tak ada gading yang
tak retak , stiap
manusia pasti mempunyai
kesalahan. Hanya Allah lah
yang maha sempurna .Untuk penulis
mohon maaf apabila ada
kesalahan dalam penulisan
makalah ini.
Sebagai
usaha usaha untuk
peningakatan mutu serta
kemampuan professional tenaga
kependidikan ,makalah ini disesuaikan
sebagai pegangan dan pedoman
dalam pentinganya filsafat pendidikan
bagi peserta didik .Karna
sangat membantu memahami
hal-hal pokok kependidikan .Filsafat pendidikan
sangat mendorong pesesrta
didik membentuk keyakinan
bahwa tindakan pendidik
harus penuh dengan
kesadaran ,berencana ,dan teratur.Yang
mana dapat dipertanggung
jawabkan secara rasional ,moral dan
legal.
Makalah “ Pentingya
Filsafat Pendidikan Bagi Pendidik “ ini sangat
memudahkan pendidik dalam
memahami dan menanamkan
pendidikan secara filsafat
kepada peserta didiknya .Makalah ini
disusun secara sistematis
dengan harapan mampu
memotivasi peserta didik
untuk mampu berfikir
secara filsafat dan
membantu memberikan problem
mendsar dalam alam
pikiran dan alam
kehidupan manusia .Serta dapat
menanamkan kepada pendidik
bahwa berfikir filsafat
itu perlu ditanamkan .
Akhir kata
,sungguh merupakan tindakan
tepat jika peserta
didik dan pendidik
menjadikan buku ini
sebagai panduan dalam pendidikan
khususnya .Karna pendiidkan merupakan
tujuan yang utama
dalam berfilsafat pendidikan .
Apabila ada kesalahan
dan kejanggalan dalam
penulisan makalah ini , penulis mohon
maaf yang sebesar-besarnya .Mudah – mudahan makalah
ini memberikan manfaat bagi yang
menggunakannya. Amin!!!!!!!
Pariaman ,
01 November 2010
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . 1
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
BAB I
PENDAHULUAN
A . Latar Belakang
. . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . 3
B .Masalah . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
C .Tujuan . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
D .Manfaat . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
BAB II
PEMBAHASAN MASALAH
A .Permasalahan Pendidikan . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . 5
B .Peran dan
Fungsi Filsafat Pendidikan . . . . . . . . . . . . . 6
BAB III
PENUTUP
A .Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . 7
B .Saran . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 7
DAFTAR PUSTAKA . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .
BAB I
PENDAHULUAN
A . Latar Belakang
Indonesia sangat
yang sangat jauh
tertinggal dari Negara
lain yang maju yang
membuat bangsa Indonesia terpuruk dari
ketertinggalanya .Selain di
dunia perekonomian ,pendidikan
pun juga sangat
jauh tertinggal dari
Negara lain .Untuk itu
,pendidikan lebih dioptimalkan
agar dapat memacu
Negara lain .Oleh karena itu “ Pentingnya
Filsafat Pendidikan Bagi
Pendidik “ sangat membantu sekali
pendidik menanamkan Filsafat
pendidikan bagi pesrta
didik nyal lebih memahami
isi yang di ajarkan
dalam pendidikan itu
sendiri .
B . Masalah
“Pentinganya Filsafat
Pendidkan Bagi peserta
Didik” menjadi topic yang paling
utama yang di
bahas dalam ilmu kependidikan
.Terutama peserta didik
yang akan meneruskan
tanggung jawabnya sebagai
pendidik nanti nya .Karna permasalahan
nya kebanyakan si
pendidik tidak berfikir
secara optimal atau
lebih jelas nya
secara filsafat .Sehingga peserta
didik juga mengikuti
jejak pendidik tersebut yang
telah paham dengan
apa makna dari
berfilsafat itu sendiri .
C . Tujuan
Tujuan dari “
Pentingnya Filsafat Pendidikan
Bagi Pendidik “ yang memberikan
arti nyata yang
komlit ,Misalnya yaitu ;
1 . Menunaikan nilai
yang baik bagi
peserta didik
2 . Menghayati nilai – nilai
agar mampu menata
prilaku pribadi sesuai
dengan harkat dan nilai – nilai .
3 . Memusatkan untuk
membina kepribadian manusia
guna membina masyarakat
tercantum dalam UUD (PP) No.29 tahun
1990 .
4 . Menghasilkan manusia
yang berkualitas yang
di deskripsikan dengan jelas
dalam UU No.2 tentang
Sistem Pendidikan Nasional
(Sisdiknas) dan Garis – Garis
Besar Haluan Negara
(GBHN) 1993 , yaitu manusia
yang bertaqwa ,bertanggung jawab ,cerdas
,kreatif dan tangguh .
5 .Dengan berfilsafat
manusia kita lebih
menjadi manusia ,lebih mendidik
dan membangun diri
sendiri.
6 .Berusaha mempertahankan sikap
yang objektif mengenai
intisari dan sifat –sifat
barang itu sendiri .
7 .Mengajar dan
melatih kita memandang
dengan luas dan
menyembuhkan kita dari
kepicikan.
8 .Menjadi orang yang
dapat berfikir sendiri
9 .bagi seorang
pendidik ,filsafat mempunyai kepentingan
istimewa , kerena dapat memberikan
dasar –dasar dan ilmu
pengetahuan lain nya mengenai
manusia .
D . Manfaat
Disamping adanya
tujuan pasti ada
manfaatnya .kegunaanya
banyak sekali misalnya
dapat dilihat dalam
kehidupan masyarakat
.,Misalnya antara lain :
1 .menciptakan manusia
yang berfikir secara
filsafat
2 .Mengetahui berbagai
pengetahuan dalam keterampilan
yang berkualitas .
3 .Memberikan kemampuan
untuk belajar dan
membentuk kepribadian yang
mantap dan mandiri
4 .Menambah rasa
tanggung jawab dalam
lingkunga hidup
5 .Pada Negara
memberikan pengetahuan dan
keterampilan untuk berperan
aktif dalam kehidupan
bermasyarakat atau kehidupan
berbangsa dan bernegara.
6 .Digunakan untuk
memadu semacam nilai
dan asas normative dalam
ilmu pendidikan.
7 .Sebagai teori
praktek ,semua ide
,konsepsi ,kesimpulan –
kesimpulan .
8 .Mengerti hakikat
suatu mengenai persoalan – persoalan pendidik
secara komprehensif
BAB II
PEMBAHASAN
MASALAH
A . Permasalahan Pendidikan
Pendidikan dalam
arti umum mencangkup
segala usaha dan
perbuatan dari generasi
tua untuk mengalihkan
pengalamanya ,pengetahuannya ,
kecakapanya . serta pengetahuannya kepada
generasi muda untuk memungkinkanya melakukan
fungsi hidupnya dalam pergaulan
bersama dengan sebaik-baiknya .Pengertian pendidikan
itu sendiri adalah proses
penyesuaian diri secara
timbal balik antara manusia
dengan alam , dengan
sesama manusia atau
juga pengembangan dan
penyempurnaan secara teratur
dari semua potensi
moral ,intelektual ,dan
jasmaniah manusia .
Saat
ini kebanyakan manusia tidak
berfikir secara filsafat .Untuk itu
perlu digaris bawahi
“ Pentingya Filsafat Bagi
Pendidik “ karena hanya dengan
itulah manusia biasa
berfikir sacara filsafat .Berfikir secara
filsafat memberikan dampak
baik kepada manusia, karna orang
yang berfikir filsafat
itu akan sangat
mudah memahami suatu pembahasan atau permasalahan . Filsafat
dijadikan suatu solusi
dalam menyelesaikan sesuatu
permsalahan . Jadi untuk berfikir
filsafat itu , akan mendatangkan
kebenaran – kebenaran dalam berfikir .
Filsafat
dapat dijadikan dasar
yang terbaik untuk
penilaian pendidikan dalam
yang menyeluruh . Penilaian pendidikan
meliputi segala usaha
dan kegiatan yang
dilakukan oleh sekolah – sekolah ,institute pendidikan
secara umum .
B .Peranan dan
Fungsi Filsafat Pendidikan
Sejak awal
perkembangan , filsafat
berperan memberikan pengertian
dan menjadi pedoman
bagi manusia dalam
usaha memahami
hakikat sesuatu . Ajaran filsafat
telah membantu dalam
memberikan jawaban – jawaban atas
problema – problema mendasar dalam
alam pikiran dan
alam kehidupan manuisa . Ada
beberapa fungsi filsafat
pendidikan antara lain
sebagai berikut :
1
.Fungsi spekulatif
Yang ditujukan untuk
lebih memahami hakikat
sesuatu .Misalnya
mengenai persolan –
persoalan pendidikan secara komprehensif
2
.Fungsi Normatif
Yaitu
proses temuan norma – norma
kehidupan yang bersumber
pada dasar – dasar filsafat
hidup yang dimilikinya.
3
.Fungsi Kritik
Yaitu
memberikan dasar pertimbangan
dan menafsirakan data
yang bersifat ilmiah .
4 .Fungsi
Toeri bagi praktek, semua ide,konsepsi ,kesimpulan – kesimpulan
5.Fungsi Integratif
Sering
digunakan untuk memadu
semacam nilai dan
azas – azas normatife dalam
ilmu pendidikan .
BAB III
PENUTUP
A . Kesimpulan
“ Pentingnya Filsafat
Pendidikan Bagi Pendidik “ merupakan penyesuaian
diri secara timbale
balik antara pendidik
dengan peserta didik .Pada
hakikatnya filsafat menjadi
lembaga utama dalam
kependidikan . Dengan
menanamkan Filsafat , manusia
akan lebih memikirka
sesuatu secara mendalan
sampai menemukan titik
terang dari yang
di pikiran tersebut .Selain itu
dengan berfilsafat kita
mempu mengeluarkan berbagai
asumsi – asumsi psitif yang
dapat membawa ke
arah yang lebih
baik . Yang mana dapat
mejadikan pedoman – pedoman bagi
bagi khalayak ramai . Sehingga pedoman
itu menjadi tumpuan
dalam hidup bersama
dalam masyarakat .Untuk itu
sangat diperlukan filsafat pendidikan
bagi pendidik , agar pendidik
mapu menanamkan cara
berfikir yang baik .
B . Saran
Filsafat pendidkan memberi spekulatif
filosofis yang merupakan
kacamata yang dikenakan
dalam memandang menyikapi
serta melaksanakan tugas nya. Oleh karena
itu maka ia
haurus dijadikan sebagai tantanan dalam
pendidikan . Terutama
terutama terhdap pentingya
filsafat suatu peran
penting yang tak bias
lepas dari pendidikan .Kerena dengan berfilsafat
kita mampu mengerti
dari isi suatu
pendidikan yang kieta
kaji tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Marimba, Ahmad
D., Pengantar Filsafat
Pendidikan. Cet .IV . Bandung, Al-Maarif, 1980
http : // saungwali . wordpress .
com / 2007 /06 /06 / pentingnya – landasan
- filsafat – ilmu –pendidikan /
http : // meetabied . wordpress .
com / 2009 / 11 /01 / pentingnya – landasan
- filsafat – ilmu - bagi –
pendidikan – suatu – tinjauan – filsafat sain /
http : // www . docctoc . com /
docs / 85 //480 / landasan – filsafat – pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar